Anggaran Bisnis (Business Budgeting)
adalah keseluruhan rencana dari kegiatan-kegiatan perusahaan, yang
dinyatakan dalam unit (angka) dan dalam periode waktu tertentu yang akan
datang.
Unsur-unsur utama dalam anggaran:
- Keseluruhan Rencana, merupakan penentuan kegiatan yang dilakukan pada waktu yang akan datang.
- Kegiatan Perusahaan, meliputi seluruh kegiatan yang akan dilakukan oleh semua bagian-bagian dalam perusahaan.
- Dinyatakan dalam angka, adalah unit yang dapat digunakan pada semua kegiatan perusahaan yang bermacam-macam.
- Periode tertentu, adalah keseluruhan mengenai apa-apa saja yang akan terjadi pada masa yang akan datang.
Terdapat 2 macam anggaran (budget):
- Budget Strategis, ialah anggaran yang berlaku untuk jangka panjang yaitu melebihi satu periode akuntansi (melebihi 1 tahun)
- Budget Taktis, ialan anggaran yang berlaku untuk jangka pendek, yaitu satu periode akuntansi atau kurang.
Budget
disusun oleh panitia penyusun anggaran ( Budgeting Committee ). Yang
terdiri atas pemegang fungsi-fungsi utama ( Budget Participative ).
Anggaran mempunyai 3 kegunaan pokok yaitu:
- Sebagai pedoman kerja.
Anggaran berfungsi sebagai pedoman kerja dan memberikan arah serta
target-target yang harus dicapai oleh kegiatan-kegiatan perusahaan pada
waktu yang akan datang.
- Sebagai alat koordinasi kerja.
Dengan adanya anggaran semua bagian-bagian yang terdapat di dalam
perusahan dapat saling menunjang dan bekerja sama dengan baik, untuk
menuju pada sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
- Sebagai alat pengawasan atau pengendalian.
Anggaran berfungsi sebagai tolok ukur (alat pembanding) untuk menilai
dan mengevaluasi realisasi kegiatan perusahaan pada masa yang akan
datang.
Disisi lain anggaran juga memiliki kelemahan antara lain:
- Anggaran (Budget) hanyalah suatu alat.
- Anggaran (Budget) tidak menggantikan posisi manajemen.
Proses penyusunan anggaran:
- Mencari faktor yang tersulit.
- Posisi perusahaan dalam persaingan ( Leader / Follower ).
- Memperoleh data akurat.
- Ahli.
Cara penyajian:
- Angka akurat
- Informatif
- Mudah dilihat pergerakannya
Faktor yang mempengaruhi penyusunan budget yaitu:
- Faktor intern
adalah faktor-faktor yang ada dalam perusahaan itu sendiri.
Factor-faktor tersebut antara lain berupa penjualan tahun lalu,
kebijaksanaan perusahaan, modal kerja yang dimiliki, tenaga kerja yang
dimiliki, kapasitas perusahaan yang dimiliki, dll.
- Faktor ekstern
adalah faktor-faktor yang ada diluar perusahaan tapi mempengaruhi
kehidupan perusahaan. Factor-faktor tersebut antara lain berupa keadaan
persaingan, tingkat pertumbuhan penduduk, penghasilan masyarakat,
pendidikan masyarakat, penyebaran penduduk, agama, adat-istiadat dan
kebiasaan masyarakat, dll.
Anggaran (Budget) yang baik
haruslah mencakup seluruh kegiatan perusahaan, yang sering dinamakan
Budget Komprehensif. Secara garis besar isi dari Budget Komprehensif
terdiri dari:
- Budget Taksiran (Forecasting Budget)
berisi taksiran-taksiran tentang kegiatan-kegiatan perusahaan dan
keadaan (posisi) financial perusahaan pada saat tertentu pada waktu yang
akan datang.
berisi tentang tingkat perubahan atau variabilitas biaya, khususnya
biaya-biaya yang termasuk kelompok biaya ”semi-variabel” sehubungan
dengan adanya produktivitas perusahaan.
- Analisa Statistika dan Matematika Pembantu,
dipergunakan untuk membuat taksiran-taksiran serta mengadakan
penilaian (evaluasi) dalam rangka mengadakan pengawasan kerja.
- Laporan Budget (Budget Report)
laporan tentang realisasi pelaksanaan budget yang dilengkapi
dengan berbagai analisa perbandingan antara budget dan realisasinya
sehingga dapat diketahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dan
sebab-sebabnya, baik yang bersifat positif (menguntungkan) maupun
negative (merugikan), sehingga dapat ditarik kesimpulan dan tindak
lanjut (follow-up) yang segera perlu dilakukan.