Perbedaan Biaya Dan Beban

Cost Vs Expense


https://air-mata-daun.blogspot.com/2018/11/perbedaan-biaya-dan-beban.html
      Biaya (cost) dan beban (expense) adalah dua hal yang berbeda karakteristiknya.
Dalam definisi Biaya (Cost) adalah pengorbanan sumber ekonomis yang diukur dalam satuan uang yang telah terjadi atau kemungkinan akan terjadi untuk mencapai tujuan tertentu. Biaya ini belum habis masa pakainya dan digolongkan sebagai aktiva. Contoh :
Biaya asuransi,biaya sewa,Perlengkapan yang belum di gunakan. 
Untuk definisi Beban (Expense) adalah penurunan manfaat ekonomi selama satu periode akuntasi dalam bentuk arus kas keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban mengakibatkan penurunan ekiutas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanaman modal.garis besar nya adalah biaya yang telah memberikan manfaat dan sekarang yang telah habis.Contohnya :Beban Penyusutan,beban pemasaran,beban-beban biaya operasional,dan lain sebagainya.
       Tak sedikit yang masih bingung bagaimana membedakan antara biaya dan beban dalam laporan keuangan,
Secara garis besar biaya dan beban adalah :

Biaya (Cost)

Biaya yang belum di nikmati atau yang belum di pakai dan yang dapat memberikan manfaat di masa yang akan datang,untuk periodenya lebih dari satu tahun dan merupakan pengeluaran modal (capital expenditure)  .Biaya tersebut terletak dalam laporan keuangan Neraca,dan di kelompokan sebagai harta (Assets).

Beban (expense

Pengeluaran atau Biaya yang telah terpakai dan tidak dapat memberikan manfaat lagi dimasa yang akan datang,untuk periodenya kurang dari satu tahun,dan merupakan pengeluaran pendapatan (revenue expenditure).Beban tersebut terletak dalam laporan keungan Laba rugi (L/R).


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Ads