Pengertian Liabilitas dan Ekuitas

https://air-mata-daun.blogspot.com/2018/10/pengertian-liabilitas-dan-ekuitas.html

 Liabilitas (liabilities/pasiva) adalah kewajiban membayar kepada pihak lain yang disebabkan oleh tindakan/transaksi sebelumnya. Berdasarkan jangka waktu pelunasannya. Liabilitas diklasifikasikan kedalam tiga kelompok yaitu :
  1.  kewajiban lancar
  2. kewajiban jangka panjang
  3.  kewajiban lain-lain. 

Liabilitas lancar

 Liabilitas lancar/utang lancar/utang jangka pendek (current libialities) adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam waktu tidak lebih dari satu tahun atau sikius normal operasi perusahaan sebagai berikut :
  1. Utang usaha Utang usaha (account payable) adalah kewajiban yang harus dilunasi karena pembelian barang/jasa secara kredit.
  2. Utang wesel Utang wesel/wesel bayar (notes payable) adalah janji tertulis untuk membayar kepada pihak lain dalam jumlah tertentu dan pada tanggal yang telah ditetapkan.
  3. Utang beban Utang beban adalah kewajiban memhayar karena perusahaan sudah menerima manfaatnya, seperti uang bunga (interest payable) dan utang sewa (rent payable).
  4. Pendapatan diterima di muka Pendapatan diterima di muka adalah pendapatan yang belum merupakan hak, tetapi sudah diterima pembayarannya, Contohnya sewa diterima di muka dan bunga diterima di muka.

Leabilitas Jangka Panjang 

Liabilitas jangka panjang/utang jangka pajang (long term debt) adalah liabilitas yang dilunasi dalam waktu lebih dari satu tahun atau satu siklus normal operasi perusahaan. Jenis habilitas jangka panjang, antara lain sebagai berikut.
  1. Utang hipotek Utang hipotek (mortage payable) adalah pinjaman jangka panjang dengan jaminan aktiva tetap.
  2. Utang obligasi Utang obligasi (bond payable) adalah pinjaman jangka panjang yang timbul karena perusahaan menjual/mengeluarkan surat-surat obligasi. Obligasi adalah surat bukti yang menyatakan bahwa pemegang obligasi meminjamkan sejumlah uang kepada perusahaan yang mengeluarkan obligasi tersebut. Pemegang obligasiakan mendapatkan bunga tetap secara berkala yang disebut kupon.
  3. Kredit investasi Kredit investasi adalah pinjaman jangka panjang yang diterima dari bank atau lembaga keuangan lain yang digunakan untuk perluasan perusahaan 

Liabilitas Lain-lain 

Kewajiban/utang lain-lain adalah meliputi semua kewajiban yang tidak sesuai untuk di klasifikasikan sebagai liabilitas lancar dan liabilitas jangka panjang. Misalnya, uang jaminan yang di terima dari pelanggan .

Ekuitas

Ekuitas/Modal (equity) adalah hak pemilik atas aktiva perusahaan yang merupakan kekayaan bersih (jumlah aktiva dikurangi kewajiban). Ekuitas terdiri dari setoran pemilik dari laba yang ditahan (retained earning). Pemberian nama akun ekuitas bergantung jenis perusahaannya.

https://air-mata-daun.blogspot.com/2018/10/pengertian-liabilitas-dan-ekuitas.html


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Ads