5 Jenis Harta Golongan Aktiva

Akun Golongan Aktiva

https://air-mata-daun.blogspot.com/2018/11/5-jenis-harta-golongan-aktiva.html
Harta dalam akuntansi adalah sumber-sumber ekonomi (kekayaan perusahaan) dan diharapkan manfaatnya di masa yang akan datang. Harta juga bisa diartikan kekayaan suatu perusahaan yang berwujud maupun tidak berwujud dan dapat dinilai dengan uang untuk kelancaran operasional perusahaan.ada.ada beberapa jenis harta dalam perusahaan ,di antaranya :

Harta Lancar (Current Assets
Investasi Jangka Panjang (Long Invesment
Harta Tetap (Fixed Assets
Harta Tak Berwujud (Intangible Assets
Harta Lain-lain (Other Assets)

Harta Lancar (Current Assets)

 Yang dimaksud dari harta lancar adalah uang tunai yang ada di perusahaan maupun yang disimpan di bank, harta tersebut di harapkan menjadi uang atau dikonsumsikan dalam jangka waktu satu tahun selama kegiatan normal perusahaan. Contohnya: Kas , piutang dagang, wesel tagih, barang dagangan, beban-beban yang dibayar dimuka, pendapatan yang akan diterima, surat-surat berharga.

Investasi Jangka Panjang (Long Invesment)

 Investasi jangka panjang adalah salah satu cara dalam mengembangkan jumlah uang atau harta . Sederhananya,untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang ,biasanya di dalm perusahaan berinvestasi dengan penambahan modal pada perusahaan lain dengan tujuan memperoleh keuntungan di kemudian hari sesuai dengan kesepakatan.
Contohnya: Investasi saham, Investasi Obligasi, Investasi Tanah

Harta Tetap (Fixed Assets

Harta tetap adalah harta berwujud yang jangka waktu perputaranya lebih dari 1 tahun,untuk bertujuan digunakan dalam menjalankan perusahaan.Beberapa jenis Harta tetap atau harta berwujud memiliki estimasi umur pemakaian atau adanya Penyusutan .
Contoh Harta tetap adalah: Tanah (Land), Gedung (Building), mobil, inventaris .

Harta Tak Berwujud (Intangible Assets

aktiva tidak berwujud dapat di artikan harta atau hak yang sifatnya jangka panjang tetapi tidak ada wujudnya. Contohnya: Goodwill, Hak Paten, Hak Cipta, Merk dagang.

Harta Lain-lain (Other Assets

Maksud dari Harta Lain-lain adalah yang tidak di golongkan dalam keempat golongan di atas,karena mempunya sifat-sifat yang khusus. Contohnya: Proyek gedung yang belum selesai, beban riset dan pembangunan, pendapatan bunga, pendapatan sewa, deviden, dan lain sebagainya.

 Baca juga : Penyusutan Aktiva Tetap

 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Ads