Akuntansi Biaya / Manufaktur Lengkap

Ringkasan Konsep Biaya

https://air-mata-daun.blogspot.com/2018/11/akuntansi-biaya-manufaktur-lengkap.html
Secara garis besar Pengertian Biaya adalah pengorbanan sumber daya yang dilakukan untuk memperoleh manfaat.Beda halnya dengan Beban (expense)
Obyek Biaya (Cost Object) adalah  aktivitas dimana biaya di akumulasikan dan di ukur. Unit atau aktivitas itu dapat berupa : produk, order, departemen, divisi, proyek.

Traceability of Cost to Cost Object menghasilkan

Biaya langsung (Direct Cost)
Biaya tidak langsung (Indirect Cost)

Penggolongan Atau pengelompokan Biaya

Biaya Pabrikasi/Manufacturing Cost diklasifikasikan dalam:

*Bahan Langsung (Direct Material).
*Tenaga Kerja Langsung (Direct Labor).
*Biaya Overhead Pabrik (Factory Overhead) yaitu biaya selain bahan langsung dan tenaga kerja langsung.

Biaya Non-pabrikasi/Commercial Expenses diklasifikasikan dalam:

*Biaya Pemasaran yaitu biaya yang diperlukan untuk memperoleh pesanan dan menyediakan produk   bagi pelanggan.
*Biaya Administrasi yaitu biaya yang dibutuhkan untuk mengelola organisasi dan menyediakan dukungan bagi karyawan.

Biaya utama (Prime Cost
Biaya utama adalah jumlah bahan langsung dan tenaga kerja langsung.

Biaya Konversi (Conversion Cost)
Biaya konversi adalah jumlah tenaga kerja langsung dan overhead pabrik

Volume Produksi diklasifikasikan dalam:

*Biaya Variabel yaitu biaya yang berubah secara proporsional sesuai dengan volume kegiatan.
*Biaya Tetap yaitu biaya yang tidak berubah karena perubahan volume kegiatan dalam rentang yang   relevan.
*Biaya Campuran yaitu biaya yang mempunyai komponen variable dan tetap.

Departemen diklasifikasikan dalam:

*Biaya bersama (Common Cost)  yaitu biaya yang berasal dari penggunaan fasilitas atau jasa oleh dua departemen atau lebih.
*Biaya gabungan (Joint Cost) yaitu biaya yang terjadi dalam proses produksi yang menghasilkan dua atau lebih produk jadi.

Periode Akuntansi diklasifikasikan dalam: 

*Belanja modal (Capital Expenditure)  yaitu biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh manfaat lebih dari satu periode akuntansi.
*Pengeluaran pendapatan (Revenue Expenditure) yaitu biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh manfaat pada periode akuntansi yang sama dan dicatat sebagai beban.

Pengambilan Keputusan, Pelaksanaan, dan Evaluasi diklasifikasikan dalam: 

*Differential /Marginal/Incremental Cost yaitu perubahan biaya sebagai akibat pemilihan alternatif tindakan tertentu.
*Biaya kesempatan (Opportunity Cost )yaitu pendapatan atau manfaat yang hilang apabila alternatif tertentu dipilih
*Sunk Cost yaitu biaya yang telah dikeluarkan dan ternyata tidak relevan dengan keputusan *Avoidable dan Unavoidable Cost
*Controllable/Uncontrollable Cost

Baca juga : Perbedaan Biaya Dan Beban



Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Ads