2 Elemen Utama Pada Akun Pasiva

Liabilitas Dan Modal Pada Akun Pasiva

https://air-mata-daun.blogspot.com/2018/11/liabilitas-dan-modal-pada-akun-pasiva.html
       Ada 2 elemen utama yang ada pada akun Pasiva,yaitu Hutang (Liabilities) dan Modal (Equity) .dan 2 elemen akun pasiva ini termasuk golongan akun Rill.
Untuk akun Hutang/kewajiban (Liabilities) di klasifikasikan kedalam tiga kelompok yaitu :

Hutang/kewajiban Lancar  
Hutang/kewajiban jangka panjang  
hutang/kewajiban Lain-lain  

Hutang Lancar (Current liabilities)  

Pengertian Hutang lancar atau juga bisa di sebut hutang jangka pendek adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam waktu tidak lebih dari satu tahun,atau siklus normal operasi perusahaan.Contohnya sebagai berikut :

1.Hutang usaha (account payable) adalah kewajiban yang harus dilunasi atas transaksi    pembelian barang/jasa secara kredit.

2.Hutang wesel /wesel bayar (notes payable) adalah janji tertulis untuk membayar kepada pihak lain dalam jumlah tertentu dan pada tanggal yang telah ditetapkan.

3.Hutang beban (Load debt) adalah kewajiban membayar karena perusahaan sudah menerima manfaatnya, seperti hutang bunga (interest payable),Hutang gaji (salary Payable) dan hutang sewa (rent payable). 

4.Pendapatan diterima di muka(prepaid income) adalah pendapatan yang belum merupakan hak, tetapi sudah diterima pembayarannya, Contohnya sewa diterima di muka dan bunga diterima di muka. 

Hutang Jangka Panjang (Long Term Liabilities

Hutang jangka panjang (long term Liabilities) adalah kewajiban yang dilunasi dalam waktu lebih dari satu tahun atau satu siklus normal operasi perusahaan. Jenis hutang jangka panjang, di antaranya: 

1.Hutang hipotek (mortage payable) adalah pinjaman jangka panjang dengan jaminan aktiva tetap. 

2.Hutang obligasi (bond payable) adalah pinjaman jangka panjang yang timbul karena perusahaan menjual/mengeluarkan surat-surat obligasi. ( Obligasi adalah surat bukti yang menyatakan bahwa pemegang obligasi meminjamkan sejumlah uang kepada perusahaan yang mengeluarkan obligasi tersebut ) . Pemegang obligasiakan mendapatkan bunga tetap secara berkala yang disebut kupon. 

3.Kredit investasi adalah pinjaman jangka panjang yang diterima dari bank atau lembaga keuangan lain yang digunakan untuk perluasan perusahaan.

Hutang Lain-lain (Other Liabilities)

 Hutang lain-lain adalah meliputi semua kewajiban yang tidak sesuai untuk di klasifikasikan sebagai hutang lancar dan hutang jangka panjang. Contonya : uang jaminan yang diterima dari pelanggan . 

 Modal (Equity

Modal (Equity) adalah hak pemilik atas aktiva perusahaan yang merupakan kekayaan bersih (jumlah aktiva dikurangi kewajiban). Ekuitas terdiri dari setoran pemilik dari laba yang ditahan (retained earning).Akun Modal ini juga termasuk golongan Pasiva.Untuk Pemberian nama akun ekuitas bergantung dari jenis perusahaannya.
https://air-mata-daun.blogspot.com/2018/11/2-elemen-utama-pada-akun-pasiva.html

Baca Juga : 5 Golongan Harta Pada Akun Aktiva

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Ads