Fungsi Dan Contoh Laporan Neraca Lengkap

https://air-mata-daun.blogspot.com/2018/11/fungsi-dan-contoh-laporan-neraca-lengkap.html

Laporan posisi keuangan (balance sheet atau statement of financial position) atau yang di sebut sebagai Neraca adalah suatu bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan atau entitas bisnis yang di hasilkan dalam suatu periode akuntansi,dimana menunjukkan posisi atas keuangan perusahaan tersebut pada akhir periode akuntansi tersebut yang bisa menjadi dasar dalam menghasilkan keputusan bisnis.

Struktur Dan Unsur Neraca 

Posisi Neraca Keuangan terdiri atas Dua pos yaitu Aktiva dan Pasiva ,dan Dua pos tersebut terdiri atas 3 unsur yang terdiri atas aset (aktiva), dan pada pos Pasiva terdiri atas kewajiban atau hutang (liabilitas), dan ekuitas atau modal (equity). ketiganya di hubungan dengan prinsip persamaan dasar akuntansi berikut:

Aktiva = Kewajiban (Hutang) + Modal
https://air-mata-daun.blogspot.com/2018/11/fungsi-dan-contoh-laporan-neraca-lengkap.html
          informasi yang bisa disajikan di dalam laporan neraca di adalah, posisi atas sumber kekayaan perusahaan atau entitas dan sumber dari pembiayaan untuk mendapatkan atau memperoleh kekayaan perusahaan tersebut didalam suatu periode akuntansi. baik dalam bulan atau tahunan.

Manfaat Atau Fungsi Laporan Neraca

  • Sebagai alat untuk menganalisis fleksibilitas keuangan.atau laporan neraca keuangan dapat sebagai alat yang dapat di gunakan pihak perusahaan untuk pengambilan sebuah keputusan. Dimana keputusan tersebut berhubungan dengan tindakan ke depannya.  
  • Digunakan untuk menganalisis likuiditas. Dalam hal ini nantinya akan menunjukkan informasi dan kemampuan yang dimiliki perusahaan dalam melunasi segala kewajiban jangka pendek nya dengan kondisi harta likuid yang dimilikinya.
  • Alat untuk menganlisis solvabilitas. Dalam hal ini dapat menunjukkan informasi kemampuan perusahaan untuk dapat segera mengambil keputusan melunasi hutang yang dimiliki. Hutang hutang atau kewajiban perusahaan ini di harap dapat terbayar lunas sebelum atau pun tepat di tanggal jatuh tempo.
secara garis besar
manfaat dan  kegunaan neraca ialah untuk menilai resiko perusahaan, namun selain untuk menilai resiko perusahaan, neraca juga dapat digunakan untuk meramalkan atau menilai arus kas di masa depan suatu perusahaan.

Contoh Neraca :

https://air-mata-daun.blogspot.com/2018/11/fungsi-dan-contoh-laporan-neraca-lengkap.html


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Ads