Rumus Menghitung HPP Di Perusahaan Manufaktur

https://air-mata-daun.blogspot.com/2018/11/rumus-menghitung-hpp-di-perusahaan.html

Dalam perusahaan manufaktur, cara menghitung HPP sedikit lebih rumit jika di bandingkan menghitung HPP perusahaan dagang. Ada empat tahap mengenai cara menghitung HPP perusahan manufaktur. Diantaranya :
  1. Menghitung Bahan Baku
  2. Menghtung Biaya Produksi
  3. Menghitung Harga Pokok Produksi
  4. Menghitung Harga Pokok Penjualan
untuk lebih jelasnya,perhatikan tahap-tahap dan rumus di bawah ini :

Menghitung Bahan Baku Yang Dipakai 

Pada tahap pertama, kita perlu menghitung bahan baku yang digunakan dalam proses produksi. Rumusnya adalah:  Bahan Baku yang Digunakan = Saldo Awal Bahan Baku + Pembelian Bahan Baku – Saldo Akhir Bahan Baku  .

Menghitung Biaya Produksi  

Tahap selanjutnya adalah menghitung biaya produksi. Rumus menghitung biaya produksi adalah:   Total Biaya Produksi = Bahan Baku yang Digunakan + Biaya Tenaga Kerja Langsung + Biaya Overhead Pabrik.

Menghitung Harga Pokok Produksi   

Tahap ketiga adalah menghitung harga pokok produksi. Untuk tahap ini kita menggunakan rumus:   Harga Pokok Produksi = Total Biaya Produksi + Saldo Awal Persediaan Barang dalam Proses Produksi Saldo Akhir Persediaan Barang dalam Proses Produksi .

Menghitung Harga Pokok Penjualan

 Di tahap keempat sekaligus tahap terakhir kita menghitung harga pokok penjualan. Rumus HPP adalah sebagai berikut:   HPP = Harga Pokok Produksi + Persediaan Barang Awal  – Persediaan Barang Akhir .

Baca juga : Contoh Perhitungan HPP Perusahaan Manufaktur


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Ads